Apa Itu CSS?

Apa Itu CSS? CSS (Cascading Style Sheet) merupakan pengaturan yang digunakan untuk mengatur beberapa komponen didalam sehingga lebih terstruktur dan seragam. Perlu diketahui bahwa CSS bukanlah bahasa pemrograman. Secara umum css dibuat untuk memformat tampilan sebuah Web yang dibuat dengan bahasa HTML dan XHTML. CSS dapat digunakan untuk mengatur beberapa style pada Web, misalnya heading, subbab, bodytext, footer, images, dan style lainnya dan dapat digunakan bersama-sama dalam beberapa berkas.
CSS juga memungkinkan kita untuk membuat halaman yang saya tetapi dengan format tampilan yang berbeda. Dengan CSS kita juga dapat membuat format paragraf, kata, besar huruf seperti saat menggunakan Microsoft Word.

Sejarah CSS

CSS merupakan teknologi dibidang internet yang dikembangkan oleh Word Wide Web Corsorsium atau W3C pada tahun 1996. Hal tersebut kemudian diikuti dengan dirilisnya browser yang kompatibel dengan CSS. Brower-browser tersebut merupakan milik Internet Explorer dan Netscape. CSS sendiri merupakan nama yang didapat dari fakta bahwa setiap deklarasi style yang berbeda dapat diletakkan secara berurutan, yang kemudian membentuk hubungan ayah-anak pada setiap style.

Sampai saat ini CSS dudah memiliki tiga versi, yaitu CSS1, CSS2, dan CSS3. CSS1 dikembangkan untuk fokus pada format dokumen yang dibuat dengan HTML. CSS2 dikembangkan agar dapat sesuai dengan format yang akan dicetak dengan printer. CSS3 merupakan versi teranayr dari CSS yang mampu melakukan banyak hal dalam desain website, berupa animasi terhadap halaman web, hingga dikeluarkannya beberapa fitur baru, seperti multiple background, border-radius, drop-shadow, border-image, CSS Math, dan CSS Object Model.

Penulisan Script CSS

Ada tiga gaya penulisan CSS kedalam sebuah website:
1. Inline style,
2. Embedded style, 
3. Eksternal style sheet.

Sekian postingan saya tentang Apa Itu CSS?, semoga bermanfaat dan terima kasih.

Sumber : Wikipedia, 2015
Apa Itu CSS? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

Posting Komentar