Apa itu Web Server?


Apa itu Web Server ? Web Server adalah sebuah perangakat lunak yang berfungsi untuk menerima permintaan HTTP atau HTTPS dari web browser dan mengirimkan hasilnya kembali dalam bentuk halaman web. Pada umumnya web server digunakan untuk menempatkan sebuah website, namun dalam prakteknya web server juga memerlukan tempat penyimpanan data.


Fungsi utama dari web server adalah untuk mentransfer informasi dari permintaan pengguna melalui sebuah protokol komunikasi.  Untuk peemanfaatan web server, tidak terbatas hanya untuk publikasi situs web dalam World Wide Web, namun banyak pula digunakan dalam perangkat-perangkat keras lain seperti printer, router, kamera web yang menyediakan akses layanan http dalam jaringan lokal. Hal tersebut ditujukan agar mempermudah peninjauan atas perangkat keras yang sedang digunakan.

Sejarah Web Server

Sejarah dari web server sendiri dimulai pada tahun 1989. Pada tahun tersebut, tim Berners-Lee mengajukan sebuah proyek yang bernama CERN (European Organization for Nuclear Research) kepada perusahaannya. Proyek ini bertujuan untuk mempermudah pertukaran informasi antar para peneliti dengan menggunakan sistem hiperteks. Hasilnya, pada tahun 1990 Berners-Lee menulis dua program komputer:
  • World Wide Web,
  • CERN httpd sebagai web server pertama di dunia, yang berjalan pada sistem operasi NeXTSTEP. 
Tahun 1991-1994, web server mulai digunakan dalam industri bisnis. Hal tersebut disebabkan karena kesederhanaan serta efektifitas atas teknologi yang digunakan untuk berkunjung serta bertukar data melalui World Wide Web. Dari kesederhanaan tersebut kemudian dibuat sistem operasi yang bisa diunakan banyak orang. Sistem operasi tersebut awalnya hanya digunakan oleh organisasi peneliti, kemudian digunakan juga oleh lembaga pendidikan dan akhirnya merambah dalam bidang industri bisnis.

Pada tahun 1994, akhirnya organisasi World Wide Web Consortium (W3C) dibakukan untuk mengatur pengembangan selanjutnya dengan sebuah standar yang telah ditentukan .

Sekian postingan saya tentang Apa itu Web Server?, semoga bermanfaat dan terima kasih.

Sumber : Wikipedia, 2015
Apa itu Web Server? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

Posting Komentar