Mengganti Domain Pada Blogger menjadi .com

Mengganti Domain Pada Blogger menjadi .com. Pada dasarnya blogger mempunyai domain .blogspot.com, namun dengan berbagai alasan banyak yang ingin mempunyai website ataupun blog dengan domain selain blogspot.com. Kita bisa mengganti domain blog kita dengan tetap menggunakan hosting dari blogger. Dengan begitu, kita dapat menghemat biaya, karena hanya perlu membayar pembelian domain saja. Bagi saya dengan menggunakan hosting dari blogger dapat memudahkan saya untuk membuat postingan, karena banyak fitur yang sudah ada. 

Selanjutnya saya akan mencoba berbagi pengalaman saya dalam mengubah domain .blogspot.com menjadi .com. Sebelum memulai mengubah siapkan hal-hal berikut ini:
  1. Belilah domain di tempat penyedia layanan domain dan hosting. misalnya: jogjahost, idwebhost, domosquare, dll, sesuai dengan isi dompet anda. Kali ini saya menggunakan Jogjahost.
  2. Buatlah sebuah alamat blog, jika sudah punya tidak usah membuat yang baru, karena postingan yang sudah pernah anda buat masih bisa digunakan. 
Jika kedua hal tersebut sudah lengkap, maka ikutilah langkah-lahkah berikut:
1. Masuk ke blogger dan bukalah blog anda dan menuju ke dalam setelan dasar.

2. Klik "+ Siapkan URL pihak ke-3 untuk blog Anda " pada baris Penerbitan-Alamat Blog, kemudaian akan muncul tampilan berikut.
3. Masukkan domain yang sudah anda beli kedalam kolom http://, kemudian klik simpan
4. Perhatikan gambar diatas, pada gambar diatas kita diminta untuk menambahkan CNAME kedalam DNS management domain kita. Caranya adalah kita masuk kedalam Cpanel Domain kita dan menambahkan beberapa host dan target kedalan CNAME.

5. Langkah selanjutnya adalah masuk kedalam panel domain, sesuai dengan tempat kita membeli domain (pada kali ini saya menggunakan domain yang berasal dari jogjahost).

6. Setelah berhasil login, masuk ke menu Manage Order - List/Search Order, pilih domain yang anda gunakan.
7. Pastikan Name Servers tidak terdapat masalah, Paling tidak isinya seperti gambar dibawah.

8. Klik DNS Management-Manage DNS.





9. Klik Add A Record, untuk menambahkan A Record, masukkan 4 alamat IP berikut kedalamkolom isian Destination IPv4 Address (warna kuning) "216.239.32.21 | 216.239.34.21 | 216.239.36.21 | 216.239.38.21". Untuk Host Name biarkan kosong. 

10. Jika ke empat alam IP sudah ditambahkan selanjunya kita tambahkan CNAME sesuai dengan masalah yang kita temui pada langkah 4. Pilih Menu CNAME Record-Add CNAME Record. 


8. Isilah gambar diatas sesuai dengan problem pada langkah ke 4, isikan pada kolom Host Name dan Value. Jika sudah maka klik menu A Record dan akan tampil seperti gambar dibawah ini.
9. Tunggulah beberapa saat (1-3 jam), kemudian buka kembali blogger anda, lakukan langkah 1 sampai 3. Jika tidak ada masalah hasilnya akan seperti berikut. 

Cukup sekian tulisan saya mengenai "Mengganti Domain Pada Blogger menjadi .com", jika anda masih menemui masalah setelah mengikuti tulisan saya, jangan sungkan untuk bertanya dan meninggalkan komentar. Saya akan senang untuk membantu, karena bagi saya itu mungkin ilmu baru.
Mengganti Domain Pada Blogger menjadi .com Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

Posting Komentar