Apa Itu JavaScript?

Apa itu JavaScript? JavaScript adalah bahasa pemrograman yang dinamis dan dapat digunakan di sebagian besar browser yang ada, seperti Internet Explorer (IE), Google Chrome, Mozilla Firefox, Netscape dan Opera. JavaScript bisa dikatakan sebagai bahasa assembly dari web, karena dapat mengkompilasi bahasa pemrograman C dan C++. JavaaScript juga digunakan dalam pemrograman jaringan server-side dengan lingkungan runtime seperti Node.js. JavaScript merupakan bahasa script yang mendukung Objec Oriented. Meskipun JavaScript dan Java mempunyai persamaan berdasarka nama, namun JavaScript dan Java tidak berhubungan sama sekali dan memiliki semantik yang sangat berbeda. JavaScript juga digunakan dalam selain berbasis web, seperti dokumen PDF, browser situs-spesifik, dan widget desktop.


Pengembang pertama JavaScript adalah Brendan Eich dari Netscape berada dibawah nama Mocha, yang nantinya berganti menjadi LiveScript, dan kemudian menjadi JavaScript. Dengan adanya pendukung dikembangkannya bahasa Java untuk pihak-pihak non-Java maka dikembangkanlah bahasa pemrograman bernama LiveScript. Meskipun JavaScript berbeda dengan Java, JavaScript bisa digunakan untuk banyak tujuan, misalnya untuk membuat efek rollover baik di gambar maupun teks, dan yang penting juga adalah untuk membuat AJAX. 

Penulisan JacvaScript

Script dari JavaScript kebanyakan dituliskan dalam bentuk fungsi dan diletakkan didalam tag <head>, dibuka dengan tag <script type="text/javascript"> dan di tutup dengan </script>. Contoh:
<script type="text/javascript">alert("Hello World");</script>
Script dari JavaScript bisa juga diletakkan didalam file tersendiri (eksternal ) yang berekstensi .js. Untuk memanggil Script dari JavaScript yang terdapat di file sendiri, pada bagian <head> didefinisikan nama file .js yang dimaksud,. Pendefinisian file js dilakukan seperti berikut:

<script type="text/javascript" src="alamat.js"></script>

Sekian dari Saya tentang Apa Itu JavaScript?, semoga bermanfaat dan terima kasih.

Sumber: Wikipedia, 2015 
Apa Itu JavaScript? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

Posting Komentar